Labels

Saturday 17 October 2015

kisah lahirnya NU, isyarat dari rasul sampai proses berdiri


nahdlatul ulama adalah organisasi islam terbesar di indonesia. mempunyai sejarah panjang sejak zaman merebut kemerdekaaan, mempertahankan sampai mengisinya hingga saat ini. tak ada yang bisa meragukan akan kegigihan organisasi ini dalam memperjuangkan islam dan keindonesiaan. sudah banyak hal yang nahdlatul ulama sumbangkan kepada negeri ini. bahkan para cendikiawan  sepakat bahwa nahdlatul ulama adalah benteng pertahanan bangsa dan islam yang paling bisa diandalakan. nahdlatul ulama di butuhkan untuk mempertahankan indonesia dan paham ahlussunah waljamaah dari serangan-serangan paham dari luar.baik ekstrim kiri maupun ekstrim kanan. sejarah panjang telah diukir nahdlatul ulama dan akan terus begitu.
lalu bagaimanakah sebenarnya latar belakang berdirinya nahdlatul ulama?. banyak buku dan kajian telah membahasnya panjang lebar. baik oleh orang NU sendiri atau orang di luar NU. namun rasanya kurang lengkap membahas sejarah sesuatu tidak dari sumber asli yang mengalaminya. video tantang sejarah berdirinya nahdlatul ulama yang dituturkan oleh KH. Asad syamsul arifin berikut mungkin akan menjawabnya. KH. Asad syamsul arifin adalah kiai kharismatik dengan segudang keilmuan dan pengetahuan. pengasuh pertama pesantren salafiyah syafiiyah situbondo ini adalah panutan banyak ulama-ulama. bahkan di kalangan nahdlyin beliau dianggap salah satu waliullah.


dalam video berdurasi kurang lebih 30 menit ini beliau menuturkan kisah berdirinya NU sejak masih perundingan-perundingan para kiai sepuh tentang kekhawatiran merebaknya paham ekstrim. bagaimana para kiai sowan (mengahdap) kepada kiai kholil bangkalan untuk mendapatkan arahan. yang uniknya kiai kholil bangkalan sudah memberi jawaban bahkan sebelum para kiai mengutarakan maksud dan tujuannya.kiai asada juga mengungkap tentang mimpi sunan ampel bertemu rasulullah saw, dan di beri petunjuk untuk menyebarkan ahlussunah waljamaah di indonesia karena di arab sudah tak dapat berkembang. lalu kiai asad juga menceritakan pengalaman dirinya menjadi ustusan kiai kholil untuk mengantarkan petunjuk kepada kiai hasyim asy'ari.
untuk lebih jelasnya mari kita simak video yang di persembahkan oleh lembaga batshul masail PCNU kota surabaya :

No comments:

Post a Comment