Labels

Friday 13 November 2015

mengenal circle of concern dan circle of influence. teori yang megubah fokus kehidupan kita.


stephen covey, seorang penulis buku-buku motivasi terkenal mencetuskan sebuah teori yang mungkin berguna bagi kita. ia memperkenalkan apa yang di sebut circle of concern dan circle of influense.terori ini mampu menuntun kita untuk memilah-milah apa dan mana yang layak kita kerjakan dan sikapi dalam kehidupan. sehingga kita bisa berkembang dengan baik. seperti apa teori pak covey tersebut? mari simak penjelasnya.

dalam kehidupan sehari-hari, kita tentu menemukan banyak sekali hal yang memakan perhatian kita. mulai dari hal-hal serius seputar urusan keluarga, pertemanan, dunia kerja, pandangan politik, permasalahan bangsa dan negara, agama sampai yang tak serius seperti binatang peliharaan, artis selingkuh, artis cerai, temannya teman menikah, dan tetek-bengek lainnya. semua hal yang kita tau seolah menjadi urusan kita. tak jarang bagi sebagian orang hal-hal tersebut menghabiskan energi dan waktu mereka.

nah, dalam teorinya. covey memasukan semua hal dikehidupan kita kedalam lingkaran-lingkaran yang ia sebut circle of concern dan circle of influence.
circle of influence berada di dalam lingkaran cirle of concern.
circle of concern berisi segala sesuatu yang ada di kehidupan kita tapi diluar kontrol kita. sebut saja perang timur tengah, naik turunnya BBM, APBN dan APBD, tingkat perceraian artis, tetangga yang suka ribut, dan sebagainya. sedangkan circle of influence berisi segala sesuatu di kehidupan kita, yang bisa kita pengaruhi. contohnya : pengeluaran bulanan, jam bangun pagi, jam tidur malam, urusan rumah tangga kita, kerjaan di kantor, tugas-tugas kita, dan lain sebagainya.

nah, setelah kita memasukkan urusan-urusan kehidupan kita kedalam lingkaran-lingkaran yang sesuai. maka menurut covey, sebaiknya kita fokus kedalam urusan yang berada di circle of influence. karena urusan-urusan tersebutlah yang bisa kita ubah ke arah lebih baik atau buruk. sedangkan di lingkaran of cocern, seperti apapun kita mengurusinya tak akan banyak atau bahkan sama sekali tidak merubah apapun. maka fokuslah dengan apa-apa yang mampu kamu ubah.

selain itu, bila kita fokus dan hebat dalam mengurusi circle of influence. maka lingkaran tersebut lama-kelamaan akan membesar menutupi circle of concer. sedikit demi sedikit hal-hal yang dulu diluar jangkauan kita akan masuk dalam jangkauan kita. sebaliknya, jika kita lalai dengan circle of influence kita, maka ia akan mengecil. apa-apa yang tadinya masih kita bisa ubah akan menjadi di luar kontrol kita.
begitulah teori dari stephen covey yang mungkin berguna bagi kehidupan kita.

1 comment: